Bertanya & Beraksi
Kutu Rambut
Bertanya

KUTU RAMBUT MUDAH MENJANGKITI MANUSIA?

Kutu rambut menyebar hanya dari kontak rambut-ke-rambut. Mereka lebih sulit diperoleh daripada demam, flu, infeksi kuping, mata merah, radang tenggorokan, keracunan makanan, atau impetigo.

APAKAH HEWAN PELIHARAAN MENYEBARKAN KUTU?

Kutu rambut manusia (Pediculosis humanus capitis) merupakan serangga yang spesifik pada manusia. Anda hanya dapat memperoleh kutu rambut dari orang lain. Anda tidak dapat terinfestasi kutu binatang.

NIT YANG TERTINGGAL PADA RAMBUT DAPAT MENYEBABKAN KUTU RAMBUT MUNCUL KEMBALI?

Nit yang jaraknya dari pangkal rambut lebih dari seperempat hingga setengah batang rambut berarti sudah menetas dan tidak akan berisiko menyebarkan kepada orang lain.

APAKAH KUTU RAMBUT LEBIH MENYUKAI RAMBUT YANG KOTOR ATAU TIDAK DICUCI?

Kutu rambut tidak memilih rambut yang bersih dan yang tidak. Kutu rambut mencari kehangatan untuk telur mereka dan tempat yang dekat untuk mereka makan (kehangatan dan untuk dapat makan terpenuhi dengan berada di dekat kulit kepala). Kebersihan tidak membuat perbedaan. Anda dapat terinfestasi kutu rambut melalui kontak rambut-ke-rambut dengan orang yang terinfestasi, bukan karena rambut yang kotor.

APAKAH SELFIE MENYEBARKAN KUTU RAMBUT?

Ya, bisa. Aktivitas apa pun yang memungkinkan kutu rambut untuk berpindah dari rambut yang terinfestasi dan rambut yang belum terinfestasi memiliki risiko terjadinya infestasi kutu rambut. Selain itu, kutu rambut tidak membedakan warna rambut, kapan terakhir kali keramas, aksesoris rambut atau status sosial dari seseorang yang terinfestasi. Kutu rambut memperlakukan semua manusia sama, jika diberikan kesempatan.

DAPATKAH KUTU RAMBUT MENYEBAR DI KANTOR?

Tanpa kontak yang cukup dekat untuk kutu rambut berpindah dari rambut yang satu ke rambut yang lain, kutu rambut tidak akan menyebar. Pada umumnya, di kantor tidak terjadi aktivitas peluk memeluk dan berbagi bantal. Oleh karena itu, penyebaran kutu rambut mungkin tidak terlalu menjadi persoalan.

KUTU RAMBUT PALING AKTIF DI KEGELAPAN?

Sangat tepat.

APAKAH KOLAM RENANG DAPAT MENYEBARKAN KUTU RAMBUT?

Meskipun kutu rambut tidak mati dengan kandungan klorin di kolam renang dan dapat bertahan hidup di dalam air untuk beberapa jam. Namun, kutu rambut tidak akan menyebar di kolam renang, karena kutu rambut akan berpegangan erat kepada rambut manusia tempat mereka bergantung untuk bertahan hidup.

DAPATKAH SAYA MEMPEROLEH KUTU RAMBUT DI SALON?

Terdapat risiko yang nyata bahwa kutu rambut menyebar dari penggunaan handuk secara bersama-sama antara orang yang terinfestasi dan orang yang tidak terinfestasi pada salon, meskipun handuk telah dicuci sebelumnya. Kutu rambut dapat bertahan hidup dalam siklus pencucian (kecuali pencucian dengan suhu di atas 60 °C) atau kecuali jika handuk disetrika dengan setrika uap.

DAPATKAH SAYA MEMPEROLEH KUTU RAMBUT DARI MENGGUNAKAN HELM SAAT NAIK OJEK?

Hal tersebut bisa terjadi dan peluang Anda menjadi lebih besar pada Ojek yang banyak mengantar penumpang sebelum mengantar Anda. Jika Anda menggunakan Ojek secara rutin, bawalah helm Anda sendiri.

APAKAH JENIS DAN GAYA RAMBUT YANG BERBEDA BERPENGARUH (TERHADAP INFESTASI KUTU RAMBUT)?

Orang-orang dengan berbagai ras, jenis rambut, warna, dan panjang rambut dapat terinfestasi kutu rambut. Beberapa model rambut tertentu dapat berkontribusi menurunkan risiko kutu rambut. Contohnya, potongan rambut cepak, rambut yang dikepang (khususnya karena ketika di kepang, rambut dibagi menjadi beberapa bagian sehingga daerah kulit kepala terlihat) dan hair extension dapat mengurangi terjadinya infestasi. Penataan rambut dan perawatan terhadap gaya rambut secara umum tidak berkaitan dengan cara mengontrol terjadinya infestasi kutu rambut. Penggunaan pewarna rambut secara permanen untuk mengontrol kutu rambut malah dapat menyebabkan kerusakan rambut secara sementara atau permanen, reaksi alergi, dan efek terhadap kesehatan lain yang tidak diharapkan.

Pelurus, pengeriting, dan pewarna rambut sebaiknya tidak digunakan pada seseorang dengan infestasi yang masih aktif karena kulit yang terluka dapat terasa sakit jika terkena bahan kimia tersebut.

PENANGANAN
KUTU RAMBUT
Beraksi

INSEKTISIDA / BERBASIS NEUROTOKSIN

Produk berbasis Permethrin

Dapat dibeli secara bebas pada toko obat atau apotek. Tidak ada data yang dipublikasikan mengenai efikasi produk, padahal resistensi kutu rambut terhadap Permethrin telah dilaporkan secara luas di dunia. Permethrin bertoksisitas rendah (pada manusia), namun bukan berarti tidak beracun. Permethrin tidak diketahui membahayakan kebanyakan mamalia atau unggas, namun berbahaya bagi ikan dan kucing. Pada kucing, zat tersebut dapat merangsang hipereksitabilitas, tremor, kejang, dan kematian.

Pada tahun 2015, sebuah studi mengenai kutu rambut yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Illinois Selatan di Edwardsville menemukan bahwa dari 109 sampel kutu rambut terdapat 104 kutu rambut memiliki tingkat mutasi gen terkait dengan resistensi terhadap piretroid diuji di 30 negara di seluruh AS. Piretroid adalah jenis insektisida yang tidak hanya digunakan dalam produk kutu berbasis neurotoksin (racun untuk syaraf) tertentu, tetapi juga dalam berbagai produk lain seperti semprotan nyamuk, kecoa dan lalat. Jika bahan kimia yang sama, baik lindane atau piretroid, digunakan berulang-ulang untuk meracuni parasit ini, kutu rambut akhirnya akan membangun resistensi. Ini merupakan tanggung jawab Lembaga Pemerintah dan penelitian Indonesia yang memiliki wewenang untuk memantau dan menginformasikan seluruh manfaat dan risiko atas kemanjuran suatu produk, untuk kesehatan dan dampak lingkungan.

PRODUK BERBASIS KERJA FISIK

5% Losion Benzil Alkohol (5% BAL)

Pionir yang berperan penting dalam berkembangnya mekanisme kerja yang dideskripsikan secara rinci dan secara internasional (oleh produsen yang berbeda dengan merek dagang yang berbeda) yakni produk penanganan kutu rambut modern bebas pestisida neurotoksik, sangat berkhasiat, sebagai alternatif dari produk-produk berbasis insektisida yang berisiko terjadinya resistensi.

Aman digunakan untuk anak 6 bulan ke atas. Cocok untuk kulit sensitif. Penggunaan dilakukan selama 3 minggu, seminggu sekali, digunakan selama 10 menit.

Berbagai formulasi yang telah teruji lainnya

Walaupun 5% BAL merupakan salah satu penanganan yang paling diuji dan diteliti secara internasional, banyak formulasi produk lainnya berbasis mekanisme kerja fisik yang teruji atau alat lainnya yang sudah diciptakan. Biasanya tujuan mereka adalah untuk membuat kematian kutu karena sesak napas/mati lemas (secara fisik menghalangi pertukaran kadar air dan oksigen pada kutu) atau karena dehidrasi (dengan melarutkan lapisan lilin dari eksoskeleton kutu yang melindungi kutu rambut terhadap kehilangan kelembaban yang tidak terkendali).

Sisir Nit

Menyisir dapat benar-benar memakan waktu dan menjemukan, namun itu merupakan cara yang aman untuk menangani kutu rambut. Basahkan rambut dan tambahkan sedikit krim rambut atau kondisioner untuk memudahkan proses menghilangkan nit dari rambut melalui penyisiran. Penyisiran juga akan menghentikan kutu rambut untuk “bergerak cepat” pada rambut dan merayap di luar pandangan. Usapkan hasil dari penyisiran ke tissue atau tissue toilet dan buang ke keranjang sampah atau plastik sampah. Pertama-tama, konsentrasikan untuk menghilangkan setiap kutu yang Anda temukan dan selalu fokuskan pada area dekat dengan kulit kepala. Kemudian, hilangkan telur dan kutu yang tertinggal ketika Anda memeriksa rambut.

TIDAK DIREKOMENDASIKAN, HINDARI PENANGANAN DENGAN CARA INI!

Produk berbasis Hexachlorocyclohexan (Lindane)

Pendahulu dari produk di atas oleh pabrik yang sama, mengandung pestisida yang berbeda.

Tujuan Lindane adalah untuk membunuh kutu rambut dewasa dan nimfa, namun tidak membunuh telur. Tidak adanya upaya studi terkait mengenai efektivitas produk ini terhadap risiko resistensi,produk ini diperbolehkan secara de-facto menjadi produk kutu rambut yang memonopoli Indonesia selama bertahun-tahun (secara terus menerus terdapat ratusan juta kasus infestasi kutu rambut).

Yang perlu dipertanyakan adalah, bagaimanapun, bahwa peringatan atas keamanan produk ini tidak dirancang atau diperbarui menjadi sesuai dengan kebijakan internasional (bahkan tidak menyebut) risiko kematian dari Lindane bagi manusia.

Kami sarankan untuk tidak menggunakan bahan ini.

Produk palsu dan ‘terlihat seperti legal’

Selama satu dekade hanya satu produk kutu rambut dengan nomor registrasi produk yang tersedia di Indonesia telah memberikan kontribusi untuk melimpahnya penawaran produk (sebagian besar melalui internet), yang tidak didukung oleh verifikasi yang kredibel dari keberhasilan mereka, konten produk formulasi, standar manufaktur, kesehatan dan dampak lingkungan (‘produk divalidasi’). Beberapa produsen ini mungkin didorong oleh keinginan yang tulus untuk memberikan bantuan berdasarkan formulasi bahan yang diyakini tidak berbahaya. Produk tanpa nomor registrasi, tetapi dipasarkan sebagai ‘obat kutu rambut’, atau produk yang menampilkan ‘nomor pendaftaran lebih dari yang diharuskan’ (misalnya nomor registrasi pestisida dari Departemen Pertanian RI bersama-sama dengan nomor registrasi yang dikeluarkan oleh Pengawasan Obat dan Makanan Badan RI sebagai Obat Quasi dan oleh Direktorat Jenderal Farmasi dan Alat Kesehatan sebagai produk pestisida rumah tangga) yang kemasannya menyesatkan. Ingat bahwa produk kutu paling sering digunakan pada anak-anak. Bijaklah, Anda harus berpikir ulang apakah layak untuk mempercayakan keselamatan anak Anda pada penggunaan produk yang belum di validasi dari produsen yang salah pengkategorian produk dengan maksud untuk menyesatkan Anda.

Pestisida Rumah Tangga & kebun (Bahaya: Beracun)

Jangan pernah menggunakan pestisida rumah tangga dan kebun untuk menangani kutu rambut. Pestisida tersebut berbahaya dan secara jelas ditujukan untuk penggunaan yang berbeda. Terdapat risiko terjadinya penyakit yang serius, cedera, atau kematian ketika pestisida rumah tangga atau kebun digunakan untuk menangani kutu rambut.

Kerosene (Bahaya: Mudah Terbakar)

Jangan pernah menggunakan kerosene untuk menangani kutu rambut. Zat tersebut mudah terbakar! Terdapat risiko terjadinya penyakit yang serius dan cedera jika kerosene digunakan untuk menangani kutu rambut.

Mayonnaise

Ada beberapa laporan kesuksesan dan kegagalan saat menggunakan mayonnaise untuk menangani kutu rambut. Penanganan ini membutuhkan aplikasi mayonnaise yang berkadar lemak tinggi secara tebal di kepala orang yang terinfestasi kutu rambut. Penggunaan mayonnaise ini membutuhkan waktu dari 12 hingga 24 jam. Untuk menjaga produk dari linen, furnitur, dan pakaian agar tidak kotor, disarankan untuk menggunakan shower cap atau plastic wrap. Juga disarankan, oleh beberapa sumber, untuk secara hati-hati memanaskan mayonnaise yang dilumuri di kulit kepala dengan menggunakan pengering rambut. Karena mayonnaise merupakan produk berbasis minyak, pemanasan lebih tinggi dapat menyebabkan kulit kepala terasa terbakar. Mayonnaise merupakan produk pangan dan dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri pada kondisi yang tepat. Jika pertumbuhan bakteri terjadi, memasukkan mayonnaise ke dalam mulut atau mata dapat menyebabkan infeksi bakteri yang serius.

REKOMENDASI PENDEKATAN MENYELURUH UNTUK MENANGANI
KUTU RAMBUT
Beraksi

Detect

Pencahayaan yang baik adalah hal yang penting, karena kutu rambut bergerak cepat dan menghindari cahaya, lihat pada daerah dekat kulit kepala, pangkal leher, dan di belakang telinga.

Pilah rambut dalam beberapa bagian kecil, dari satu sisi kepala ke sisi lain. Periksa secara hati-hati, lihat pada daerah dekat kulit kepala.

Kaca pembesar dan sinar yang terang untuk melihat kutu yang bergerak dan telur kutu yang belum menetas umum digunakan oleh praktisi kesehatan.

RAWATLAH KELUARGA ANDA DENGAN AMAN

Kami merekomendasikan produk kutu rambut yang bebas pestisida dan teruji efektif untuk menangani kutu rambut.

Efektivitas pilihan penanganan kutu rambut berbasis neurotoksik insektisida telah dilemahkan oleh munculnya obat/pestisida yang resistan terhadap kutu. Insektisida neurotoksik juga sering disebut sebagai ‘pestisida’ dengan mengacu pada serangga yang berdampak negatif kepada kehidupan manusia sebagai ‘hama’ dengan memberi makan pada makanan manusia atau sebagai parasit pada manusia itu sendiri. ‘Neurotoksik‘ menjelaskan mekanisme kerja insektisida (atau pestisida) dengan meracuni serangga parasit tersebut.

Terdapat 2 risiko utama untuk dijadikan pertimbangan dari produk berbasis pestisida:

  • Pestisida berpotensi membahayakan bukan hanya untuk targetnya, namun juga untuk organisme lain, termasuk manusia; dan
  • Hama (dan termasuk juga kutu rambut) terbukti sangat adaptif dalam membangun resistensi (mekanisme bertahan hidup) dalam melawan racun-racun tersebut.

Produk yang berdasarkan Asphyxiation atau penyumbat pernapasan menghadirkan produk modern, efektif, sehat dan ramah lingkungan sebagai alternatif dari produk-produk yang mengandung pestisida neurotoksik. Produk-produk ini menggunakan mekanisme kerja yang mana kutu rambut tidak dapat membangun kekebalannya (resistensi).

Tangani dan lakukan kembali penanganan untuk anggota keluarga secara bersamaan.

Secara rutin, cek infestasi ulang kutu rambut dan persiapan untuk mengulangi penanganan lebih sering daripada yang dilakukan pada pertama kali dan setelah 7-10 hari penanganan.

SAMPAIKAN KEPADA TEMAN DAN KELUARGA

Sebuah keluarga dengan salah satu anggota terdapat kutu rambut kemungkinan besar ada beberapa atau semua anggota tertular meskipun gejalanya berbeda-beda.

Asisten rumah tangga yang dekat dengan anak-anak harus disertakan dalam semua kegiatan penanganan kutu rambut tersebut.

Makin banyak anggota dalam satu rumah tangga, dan semakin lama infestasi kutu rambut tidak ditangani, maka semakin banyak kutu rambut hidup dan telur kutu di seluruh tahapan, dan oleh karena itu upaya penanganan yang lebih serius harus diantisipasi.

Dukung teman dan keluargamu, yang bukan anggota keluarga, untuk menangani diri mereka sebagaimana Anda menangani diri Anda.

MERAWAT PERALATAN RUMAH TANGGA KITA

Paparkan kutu rambut kepada panas yang tinggi atau suhu sangat dingin

Kutu rambut mati secara cepat dengan suhu di atas 60 °C atau di bawah titik beku (semakin tinggi atau semakin rendah suhu, semakin berkurang waktu yang dibutuhkan untuk membunuh kutu rambut dan seluruh telurnya dengan efektif).

Setelah menangani keluarga Anda, ganti seluruh seprei, sarung bantal, pakaian, selimut, handuk, pakaian untuk dicuci dengan suhu 60 °C atau tumbledry mereka. Karena mesin cuci dengan siklus pemanasan atau tumbledry tidak lazim di Asia Tenggara, silakan ikuti alternatif pilihan ‘isolasi’ di bawah ini.

Cuci sisir, sikat, dan benda pribadi lainnya, yang dapat membawa kutu rambut hidup atau nit pada air panas (>60 °C) selama 10 menit.

Selendang favorit Anda atau mainan favorit anak Anda mungkin tidak dapat dicuci dengan suhu tinggi, sehingga pada kasus ini Anda dapat mempertimbangkan untuk menempatkan mereka di dalam kantung plastik dan masukan ke dalam freezer selama 2 jam.

Bahan kursi mobil atau bahan bagian dalam helm dapat terpapat kutu rambut tergantung dari paparan mereka terhadap kutu tersebut. Sebuah mobil yang kosong akan memperoleh panas yang cukup ketika diparkir di bawah sinar matahari dengan seluruh jendela ditutup untuk membunuh seluruh kutu rambut yang terdapat di dalam mobil. Hal yang sama juga berlaku pada helm sepeda motor yang diletakan di dalam kantong plastik hitam di bawah sinar matahari.

Paparkan sinar matahari pada kutu rambut

Kutu rambut menghindari sinar matahari langsung untuk menghindari dehidrasi dan pemanasan berlebihan. Barang-barang yang lebih besar, yang dapat menjadi sumber infestasi berulang, seperti karpet, matras busa (kecuali terlalu besar, silakan ikuti pilihan ‘isolasi’) tidak akan cukup untuk diletakan di dalam kantung plastik sampah, mesin cuci, atau freezer, namun Anda dapat meletakan barang-barang ini selama beberapa jam di bawah sinar Matahari langsung untuk membunuh kutu rambut oleh dehidrasi.

Isolasi kutu rambut

Lap pinggiran tempat tidur dan permukaan sofa kulit.

Vakum karpet dan bahan lain yang sering terpapar kutu rambut hidup. Kutu rambut yang tersedot di dalam kantung vakum pembersih tidak akan dapat mencari jalan kembali ke inangnya.

Alternatifnya, tutup kursi dan sofa yang sering terpapar kutu rambut hidup dengan plastik dan selimut di atasnya agar tetap nyaman digunakan.

Tempatkan bantal, mainan, atau barang favorit lainnya, yang tidak dapat dicuci pada suhu tinggi atau divakum secara efektif, di dalam karung plastik. Setelah menangani diri Anda dan anggota rumah Anda yang lain, pisahkan pakaian yang sering digunakan, kecuali jika pakaian tersebut dapat dicuci dengan suhu tinggi, dari pakaian yang ingin Anda gunakan. Alternatif lain untuk menjaga keluarga Anda sebelum pergi liburan, seperti ke hotel. Tempat tidur di hotel biasanya dicuci pada suhu di mana kutu rambut tidak dapat hidup. Ingat, kutu rambut akan mati sekitar 2 hari setelah makan (setelah diisolasi dari inangnya). Nit yang baru ditelurkan dapat menetas menjadi nimfa 7 hingga 10 hari setelahnya dan akan mati pada hari yang sama jika tidak ada inang untuk memberinya makan.