Anak-anak dengan atau yang diduga memiliki kutu rambut sering mendapat reaksi yang tidak menyenangkan dari orang lain. Anak yang suka menggaruk menyebabkan penolakan dan bullying karena dicurigai adanya infestasi kutu rambut, terutama pada keadaan, di mana orang tua tidak ada di sekitarnya. Pikirkan oleh Anda sendiri: akankah Anda membiarkan anak-anak Anda bermain dengan anak-anak yang Anda tahu memiliki kutu rambut? Anda mungkin akan berpikir dua kali. Begitu pula orang lain.

Indonesia memiliki populasi yang sangat besar (berada di urutan no. 4 di dunia), selama puluhan tahun hanya memiliki satu registrasi produk untuk kutu rambut yang mengandung pestisida. Adalah penting untuk diketahui bahwa kutu rambut menjadi kebal terhadap kandungan kimia yang digunakan untuk meracuni mereka, setelah penggunaan dalam jangka waktu panjang.

Tidak adanya produk kutu rambut alternatif dari produk yang terbukti menyebabkan resistensi terhadap kutu rambut, hampir tidak adanya sumber informasi yang terpercaya dan dapat diandalkan mengenai bagaimana cara mendeteksi, menangani, dan mencegah kutu rambut membuat kekosongan yang kemudian diisi dengan stigma yang menyerang mereka yang terinfestasi kutu rambut. Stigma diakibatkan oleh banyaknya ketidakpastian (bagaimana menghilangkan dan menangani kutu rambut, akankah kutu rambut datang kembali, bagaimana dampak terhadap lingkungan) atau keinginan untuk melindungi salah satu anggota keluarga dari pandangan yang salah mengenai infestasi kutu rambut terhadap status sosial atau kebersihan seseorang. Hal ini juga ditambah lagi dengan tekanan sosial dan psikologis yang besar terhadap populas.

FAKTA TENTANG
KUTU RAMBUT

UKURAN DAN BENTUK

Kutu rambut merupakan serangga berukuran kecil (maksimum 3 mm, larva berukuran kurang dari 1 mm) yang hidup dan berkembang biak di kulit kepala dan rambut manusia.

Telur kutu rambut berbentuk lonjong, transparan, berwarna putih, kuning kecokelatan atau coklat tua. Cangkang telur kutu yang kosong berwarna putih dan mengkilap, serta dapat ditemukan di sepanjang helai rambut.

SIKLUS HIDUP

Siklus hidup kutu rambut paling lama berlangsung selama 35 hari dihitung dari mulai telur (nit) hingga mati.

7-10 hari setelah nit menempel di rambut, nimfa akan menetas meninggalkan cangkang telur yang kosong di berbagai tempat, menempel pada rambut.

Nimfa adalah kutu rambut dewasa, yang akan berganti kulit sebanyak tiga kali selama proses menjadi kutu rambut dewasa dengan jangka waktu lebih dari 9-10 hari.

Kutu rambut betina dewasa berpasangan dengan kutu jantan hanya beberapa jam saja setelah memasuki masa dewasanya, ini hanya diperlukan sekali semasa hidupnya, selama siklus hidupnya kutu rambut bertelur sebanyak 50 hingga 150 nit.

Kutu rambut hidup dan nit menempel pada lokasi yang sangat dekat dengan kulit kepala (sekitar 1 cm), pada umumnya berada di belakang telinga dan leher bagian belakang.

BAGAIMANA DAN BERAPA SERING KUTU RAMBUT MAKAN?

Kutu rambut (baik dalam bentuk nimfa maupun kutu dewasa) hanya dapat bertahan hidup dari darah manusia. Kutu rambut menghisap darah manusia setiap 2 hingga 3 jam per hari dengan cara menusukkan bagian mulut yang menyerupai paruh ke kulit kepala, menginjeksikan air liur untuk mencegah penggumpalan darah saat menghisap darah langsung dari mulut ke dalam ususnya.

Kutu rambut menghisap dari darah manusia, maka kutu rambut merupakan parasit dengan manusia sebagai inangnya.

Kutu rambut akan mati karena dehidrasi setelah 2 hari terpisah dari inangnya (lama hidup kutu rambut dipengaruhi juga oleh adanya faktor lain, seperti suhu udara dan paparan sinar matahari).

BAGAIMANA KUTU RAMBUT BERGERAK AKTIF?

Kutu rambut tidak memiliki sayap sehingga tidak dapat terbang.

Ukuran kaki kutu rambut yang relatif kecil dibandingkan dengan berat badannya tidak memungkinkan kutu rambut untuk melompat.

Kutu rambut memiliki cakar pada keenam kakinya sehingga kutu dapat berpegangan erat pada 6 helai rambut sekaligus. Karena cakar tersebut dan lokasi hidupnya yang berada sangat dekat dengan kulit kepala menyebabkan kutu rambut sulit untuk dihilangkan dengan penyisiran.

Kutu dapat bergerak cepat berkaitan dengan ukuran tubuh mereka. Sebuah kutu dewasa bisa merangkak dengan jarak 23 cm dalam satu menit.

BAGAIMANA KUTU RAMBUT MENYEBAR?

Kutu rambut menyebar melalui kontak langsung (khususnya kontak rambut ke rambut), juga melalui penggunaan barang pribadi secara bersama-sama. Kutu rambut dapat berpindah melalui sikat, sisir, jepit rambut, ikat kepala, headphone, topi, helm, dan sebagainya. Kutu rambut juga tinggal sementara pada furnitur yang berbahan kain, tempat tidur, handuk, atau pakaian.

Kutu rambut yang menyebar melalui kontak rambut ke rambut pada umumnya adalah kutu betina yang telah kawin. Kontak rambut ke rambut tersebut membuat anak-anak lebih rentan terinfestasi karena mereka lebih sering bermain secara dekat dan menggunakan barang-barang yang menyentuh kepala secara bersama-sama. Selain itu, risiko kutu rambut juga meningkat bagi anggota keluarga dari anak-anak usia sekolah. Memiliki kutu rambut bukan merupakan tanda bahwa orang tersebut jorok atau tidak bersih. Serangga yang menjengkelkan ini bisa menjadi masalah bagi anak-anak dengan berbagai rentang usia dan status sosial ekonomi, tidak peduli seberapa sering mereka keramas dan mandi atau tidak. Juga tidak peduli berapa panjang rambut mereka. Bagi mereka yang kerja di tempat penitipan anak, TK, atau SD memiliki risiko yang sama. Tidak ada seorang pun yang kebal terhadap kutu, sehingga setiap orang dapat terinfestasi kutu rambut.

APAKAH KUTU RAMBUT MENYEBARKAN PENYAKIT?

Kutu rambut menyebar dari satu orang ke orang lain, namun tidak menyebarkan penyakit. Kutu rambut memang mengganggu, namun tidak dianggap sebagai risiko kesehatan.

GEJALA UMUM INFESTASI KUTU RAMBUT

GATAL,
merupakan gejala paling umum, disebabkan oleh reaksi imunitas seseorang terhadap air liur dari gigitan kutu rambut. Rasa gatal mungkin tidak terjadi secara langsung, tergantung dari sensitivitas dan sejarah infestasi kutu rambut seseorang. Pada saat pertama kali seseorang terinfestasi kutu rambut, rasa gatal mulai terasa dalam beberapa minggu atau beberapa bulan. Pada kasus infestasi ulang, seseorang dapat merasakan gatal 2 hari setelah infestasi karena sistem imun manusia dapat bereaksi lebih cepat ketika sebelumnya sudah terpapar zat yang sama. Beberapa orang menjadi sangat sensitif dan merasa gatal yang tidak tertahankan terhadap kutu rambut. Sedangkan beberapa orang lain dapat menjadi kebal terhadap gigitan kutu dan terasa sedikit atau tidak terasa gatal sama sekali, meskipun terinfestasi ulang. Setelah penanganan dan ketika kutu rambut hilang, diperlukan 2-3 minggu agar gatal sepenuhnya hilang. Nit masih tetap ada meskipun kutu rambut hilang. Cangkang kutu rambut yang kosong melekat erat ke rambut sebelum akhirnya jatuh. Sisir dengan gigi yang sangat rapat dapat menghilangkan mereka.

SENSASI MERAYAP,
merupakan rasa ada sesuatu yang merayap pada rambut atau kulit kepala.

GORESAN,
yang terdapat di kulit kepala dan kadang-kadang bagian belakang leher menjadi merah dan terjadi iritasi.

Pembengkakan kelenjar getah bening di bagian leher.

Terlihatnya kutu rambut atau telur kutu,
kutu rambut hidup terlihat seperti biji wijen berwarna coklat muda bergulir pada rambut, kulit, atau pakaian.

Mudah marah dan sulit tidur,
kutu rambut lebih aktif dalam gelap.